Sunday 5 May 2013

Rumah Hijau

Warna adalah karunia Allah yang diciptakan untuk melengkapi indah dunia. Dengan warna-warna itulah, manusia banyak belajar banyak hal.   Dan tulisan  ini diikutkan pada 8 Minggu Ngeblog bersama Anging Mammiri, minggu keempat. Dengan tema warna.

 

Sepetak Hijau Pencuci Mata



        Kalau ditanya, "Apa warna kesukaanmu?" Pasti saya bingung menjawabnya. Sebab di lemari, tersimpan warna-warni pakaian. Tidak ada warna yang paling dominan di sana. Saya memang bukan termasuk orang yang terpaku pada satu warna favorit. Bahkan mungkin ada orang yang saking cintanya pada satu warna dari atas rambut sampai alas kaki, cat rumah hingga perabotan, sprei seragam dengan cat dinding hingga baju tidur semua satu warna hehe. Sepertinya dunia kok jadi nggak seru plus nggak ramai kalau hidup dalam satu warna ya?

            Tapi entah mengapa,  untuk urusan cuci mata saya tetap cinta sama warna hijau. Saya suka sekali melihat pemandangan dengan hamparan sawah yang hijau membentang. Gunung dengan rimbunan pohon-pohon yang hijau meneduhkan. Pokoknya untuk urusan cari seger-seger buat mata, saya suka warna hijau. 

            Dan memang akhirnya, saat mengecat rumah pun saya lebih milih warna hijau, rasanya adem. Dulu saya berangan-angan punya rumah kecil dengan halaman yang luas di kiri, kanan depan dan belakangnya. Tapi apa daya, rumah yang saya tempati kini hanya sebuah rumah minimalis dengan sepetak halaman mungil. Saya bertahan untuk tidak memenuhi sepetak kecil ruang terbuka itu dengan bangunan ataupun menyemennya. Meskipun bisa diakali dengan menanam di pot, tetap saja berbeda jika langsung menanam langsung di tanah. 

            Nah, di sepetak tanah itulah saya menanam tanaman apa saja. Dari tanaman yang hanya berdaun hingga tanaman yang berbunga dan berbuah. Dan saya betah berlama-lama duduk di teras memandang kuncup-kuncup anggrek yang bermekaran, melati air yang cantik, bunga kamboja yang menawan, dan kupu-kupu yang sering berterbangan riang. Rasanya hati dan mata yang lelah seharian beraktifitas  dicharge kembali.

            Ternyata, tanaman-tanaman itu tidak hanya sekadar buat cuci mata. Beberapa tanaman ternyata bisa bermanfaat buat keluarga, juga tetangga sekitar. Yang paling menjadi idola saat ini tanaman sirih. Banyak tetangga yang membutuhkannya. Alhamdulillah, sirih hijau dan sirih merah tumbuh subur dengan daun yang lebar-lebar. Ternyata tumbuhan dengan daun-daun hijau yang liar, tumbuh sendiri di tempat lembab juga banyak yang bermanfaat. Seperti daun cacingan , daun meniran, juga daun pecut kuda yang tiba-tiba saja tumbuh dengan subur. 

sebagian tanaman  hijau-hijau yang bikin seger mata

            Menurut yang saya baca, warna hijau menggambarkan sesuatu yang harmonis dan seimbang. Warna hijau juga terlihat segar, bisa melambangkan cinta yang universal. Hijau juga meneduhkan, melambangkan lingkungan dan kedamaian. Hijau melambangkan alam, kehidupan dan kesuburan.  

            Kata teman saya yang suka menebak-nebak sifat orang sok berlagak bagai cenayang , “jika kamu suka warna hijau maka kamu adalah tipe orang yang yang sangat romantik. Menyukai keindahan, alam dengan udara yang sejuk. Hai, kamu juga termasuk orang yang teguh memegang prinsip. Dan kamu sangan mengidam-idamkan teman hidup yang dapat dipercaya.” 

            Hehehe… mendengar terawangan teman saya itu, saya jadi senyum-senyum sendiri. Sepertinya sih mendekati benar tuh, meskipun saya bukan minded warna hijau untuk pakaian atau assesoris. Saya sangat menikmati warna hijau pada pohon, tumbuhan, hamparan sawah yang membuat  saya selalu saja rindu dan tak bosan berlama-lama memandangnya. 

            Oh  ya, karena warna hijau itulah saya sering menyebut rumah kami sebagai rumah hijau. Saya sering memberi identitas kecil di bawah tulisan saya dengan Rumah Hijau, karena nulisnya ya di dalam rumah hijau sederhana kami. Dan dinding rumah cinta maya saya juga berwarna hijau ^_^.  Semoga menjadi rumah  yang penuh keteduhan dan kedamaian di dalamnya.  

Rumah Hijau 031052013




Add caption

3 comments:

  1. teduh dan menenangkan ya warna hijau itu :-)

    ReplyDelete
  2. udah ketauan suka warna hijau dari blognya.. dateng ke sini, seger banget deh :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...