Wednesday, 2 September 2015

Resep Es Lilin Strawberry

Ngomong-ngomong tentang 'Es Lilin'  saya pasti teringat Emak-Emak Blogger cantik. Kenapa? Es lilin ini favorit mereka banget :D  Setiap mau ada acara pasti mereka sudah rame "Es lilin mbak Vandaaaaa ..... *pakai icon toa jejer :D 

Baiklah kali ini berbagi resep es lilin versi saya, biar emak-emak semua bisa bikin sendiri di rumah masing-masing. Saya kalau bikin es lilin suka-suka, tergantung apa yang lagi ada di rumah atau request. Bisa cokelat, strawbery, kacang ijo, tape, rujak, alpukat. Tapi yang paling disuka Aisyah tuh es lilin strawbery dan cokelat. Sekarang bikin yang strawbery dulu yaa... 

Meskipun anak-anak biasa ngemil buah strawberry begitu saja, atau hanya dibuat juice, sesekali memanjakan lidah dengan ngemut es lilin rasa strawberry. Es lilin ini bikin nagih soalnya harum, asam manis dan lembut di lidah. ^_^

Bahan :

1 mika strawberry (250 gr) pilih yang besar, merah, segar
1.5 liter air
1 kaleng SKM putih 
4 sdm tepung mezena larutkan dengan air secukupnya
10-15 sdm gula pasir (optional tergantung tingkat keasaman buah strawberry ya...)
Secukupnya biji selasih yang sudah direndam air hangat (optional)

Cara buat :

Campur sebagian air (1 liter) , susu kental manis, gula pasir,  di panci. Rebus sambil diaduk terus hingga mendidih. 

Masukkan cairan maezena aduk kembali sampai kental

Cuci bersih strawberry, blender dengan sisa air,  saring masukkan ke dalam panci, aduk rata.
(Biasanya saya pakai air matang, jadi juice strawbery ngak ikut dididihkan)

Biarkan  dingin. masukkan biji selasih aduk rata.

Setelah itu bungkus dengan plastik es lilin. Bekukan dalam freezer. Es lilin siap jadi rebutan :D


penampakan di freezer nggak sempat foto cantik :)

dok. dari camera mbak Nining kayaknya. Penampakan tangan emak2 rebutan  es :D

* Kalau ingin penampakan es lilin lebih cerah dan harum strawberry lebih kuat, silakan menambahkan esens strawbery. Kalau saya biasanya pakai warna apa adanya, jadi yaa... agak puyeh:)

Resep es lilin tape bisa dilihat di sini :)

8 comments:

  1. Buahaha paporit banget ini mah. xD
    Pantes es nya enak, asli dari stlobeliiii :*

    ReplyDelete
  2. ya ampun mbak, ini resep kedua yg aku liat pagi ini soal [ostingan es krim...huhuhuhu haruskah weekend ini aku bikin ais krim hihi
    tfs resepnya mbak Vandaaaa, smoga tar kalo bikin seenak buatan mbak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak Nining. Ayok bikin :D

      Delete
  3. Sumpah es lilin nya enak banget apah lagi buanyaakkk kayak kemarin, mak bikin lagi yaa mak :D

    #ngumpetin tangan kareana banyak banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ketahuan tangan yang pakek gelang :D

      Delete
  4. biasanya dulu suka ada yang jualan es lilin keliling sekarang mah ga ada,, hmm mumpung di kasih resepnya saya mau coba deh buat di rumah :)

    ReplyDelete
  5. Nyam-nyam.. terimakasih sis resepnya, nanti coba saya pakai mesin es krim :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...