Wednesday 17 September 2014

Es Lilin Tape

Waktu silaturahmi KEB(Komunitas Emak Blogger) wilayah Surabaya, tanggal 07 September 2014 di rumah mbak Tatit Ujiani, Es lilin aneka rasa yang saya bawa cukup laris manis. Waktu itu saya bawa rasa cokelat, strawbery, kacang ijo dan tape. Dan ternyata para emaks tuh paling suka sama yang rasa tape. Kemarin sudah share resepnya via whatsaap, tapi kurang afdhol kalau belum dibagi di sini. Yuk :)

Bahan :
Tape singkong kuning yang matang kurleb 500 gram
(saya pakai 2 bungkus beli di tukang lewat kira-kira 1 plastiknya 200-250gr)
1 kaleng Susu Kental Manis putih
Air 2 Liter
Santan 1 liter
Atau Air 3 liter + 2 buah kara santan instan (kalau nggak mau ribet)
Gula pasir kurleb 30 sdm atau secukupnya tergantung tingkat kemanisan tape
Garam 1/2 sdt
Maezena 4 sdm (larutkan dengan sebagian air)
Daun pandan secukupnya.

Carbut :
Blender tape dengan sebagian air, saring. Campur sisa air, santan, SKM, gula, garam masak sambil terus diaduk. Masukkan tape aduk terus hingga mendidih. Masukkan larutan maezena aduk terus hingga mendidih lagi. angkat dinginkan. Bungkus dengan plastik es lilin. Bekukan.

NB: 
Dibungkus dengan plastik es lilin ukuran 4x5 kira-kira hasilnya 60 biji, kalau pakai ukuran 4,5x5 kira-kira jadi 50 bijian.
Tepung maezena berfungsi membuat lembut tekstur es lilin.

Seger dimakan pas siang-siang hawa panas 

3 comments:

  1. Makasih mbak resepna. ntar kalau sudah nggak pillek mau aku praktekkan

    ReplyDelete
  2. wuaaahhh mw coba ah ^o^.. anakku pasti doyan bingit ini :D.. walopun resikonya bakal batuk sih , secara aku ama ankku ga kuat terlalu bnyk nge es mbak.. tapi kita berdua ttp aja pecinta es sejati :p

    ReplyDelete
  3. makasih resepnya. aku tambahin gula merah . rasanya pass

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...