Thursday, 23 June 2016

Resep Es Lilin Cokelat

Hmm ... puasa-puasa gini memang enaknya ngomongin makanan. Ceritanya kulkas kosong. Para bocah request yang seger-seger dan enak-enak buat ngemil setelah tarawih. Biar hemat tenaga, bisa disimpan untuk beberapa hari, buat es lilin saja. Awalnya sih bikin agak banyak buat takjil  anak-anak di musholah, tapi karena kulkas dibuka tutup terus, jadilah hingga sore belum beku juga tuh es lilin. 

Mau bikin es lilin strawbery kok ya lagi nggak musim kayaknya, di tukang sayur nggak pernah bawa buah merah merona segar yang satu itu. Akhirnya bikin es lilin cokelat dan es lilin tape aja. Es lilin tape bisa diintip di sini. Sekarang mari kita bikin es lilin cokelat.




Bahan :

1 Kaleng SKM cokelat merek sesuka selera
6 Sdm bubuk cokelat (dilarutkan sedikit air panas lalu saring)
1,5 liter air
4 Sdm tepung maezena dilarutkan sedikit air
Gula pasir kurleb 10 Sdm
Sejumput garam, kira-kira sepucuk sendok teh


Cara Buat :

Masukkan sebagian air ke dalam panci (sisakan secukupnya untuk melarutkan maezena dan bubuk cokelat) tambahkan susu kental manis, gula, garam, dan bubuk cokelat yang sudah dicairkan. Jerang di atas kompor aduk-aduk sampai mendidih. Kecilkan api, masukkan larutan maezena, aduk-aduk lagi hinga mendidih dan kental.



Dinginkan, lalu bungkus dengan plastik es lilin sesuai selera. Bekukan di Freezer. Es lilin cokelat yang lembut dan nyokelat rasanya ini siap dinikmati :)



*Sebaikanya kalau bikin sih malam hari, biar para bocah nggak tergoda untuk buka tutup kulkas, yang mengakibatkan es lilin lama bekunya.  


No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...