Friday 1 August 2014

Mudik Tak Hanya Sekedar Ritual

Lebaran, identik dengan mudik. Hwaa... meski harus bersusah payah, jungkir balik menyiapkan ini-itu, bermacet-macet ria sepanjang perjalanan, tetap saja arus pemudik dari tahun ke tahun tidak berkurang. Termasuk saya :D. Lebaran tanpa berkumpul dengan keluarga, rasanya hampa. 

Awalnya agak galau, pulang ke Madiun nggak ya...? Pinginnya sih naik kereta aja, biar nyaman dan aman. Tapi apa daya, tiket kereta habis ludes. Pingin sih naik kereta mudik gratis seperti tahun 2012 lalu, hemat dan nyaman, tapi... telat antri juga. Apa-apa kalau gratis pasti bejibun peminatnya. Karena pertimbangan di hari lebaran ke dua kami harus ke Malang, acara keluarga besar, maka diputuskan mudik naik mobil aja wes.


Rencana berangkat hari Sabtu habis sahur biar nggak macet, tapi ternyata molor. Awalnya dari Sidoarjo perjalanan lancar, sampai Nganjuk kendaraan mulai merayap bahkan macet, berhenti tak bergerak. Nganjuk-Madiun yang seharusnya bisa ditempuh 1 jam, menjadi 4 jam. Memang bekal mudik yang tak boleh ketinggalan adalah sabar. Alhamdulillah... kemacetan dan cuaca panas nggak bikin kami mokel (batal puasa) Eits.. tapi Aisya munta-munta akhirnya mokel juga hehe. Puasanya jadi bolong satu deh.

Mudik tak hanya sekadar ritual. Kalau bisa menikmati sepanjang perjalanan, juga hikmah silaturahmi, maka pulang mudik bisa merefresh hati, pikiran, juga mata.  Oleh-oleh doa, segala macem makanan khas disajikan dan ditenteng setiap kali berkunjung ke rumah saudara, juga rasa syukur tak hingga dengan segala karunia yang telah Allah berikan. Mata juga rasanya seger, melihat pemandangan yang bukan rutinitas sehari-hari.

Mudik memang bukan kewajiban, tapi jika ada kesempatan, luang waktu dan rezeki saya menyempatkan untuk pulang. Bapak dan Ibu mertua juga orang tua saya, untuk Mamah dan Bapak, setiap lebaran saya hanya bisa melangitkan doa pengganti peluk cium dan bakti.

Selamat Lebaran, buat yang masih di kampung halaman, selamat menikmati liburannya. Hati-hati dan sabar yaa... kalau nanti pulang balik. Alhamdulillah... sudah kembali sampai di Sidoarjo dengan selamat :). 
       
Hari ke 2 lebaran dari timur ke arah barat masih padat. Lokasi Kertosono- Nganjuk
daripada BT, selfie ria aja
Cuci mata pemandangan dari balik jendela, lumayan bikin seger

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...