Wednesday 24 June 2015

Melihat dengan Cara Berbeda

Mengingat cerita seorang Ustad dalam sebuah forum di sekolah. Kalau di tulisan yang lalu nasehat untuk anak-anak, kini nasehat mengalir untuk  saya, dan para orang tua.

            Anak-anak yang saat itu hadir di hadapan orang tua bukanlah anak-anak kecil yang lucu dan menggemaskan lagi. Mungkin bagi sebagian besar orang tua, termasuk saya anak-anak usia 15 tahunan itu ‘lagi bikin geregeten’. Ahh… jujur saya sering mengalami rasa geregetan itu. Menghadapi anak usia remaja di zaman yang sangat berbeda dengan zaman saat saya remaja dulu. Harus benar-benar punya stok sabar tingkat bidadari dan berusaha jadi teman terbaik buat mereka.

Mereka telah berubah baik fisik maupun tingkah lakunya. Mereka telah bermetamorfosa menjadi kupu-kupu muda yang siap terbang mencoba ini dan itu. Celakanya orang tua termasuk saya, sering berekspektasi sangat tinggi pada mereka. Ingin mereka sesempurna seperti yang kita harapkan. Padahal jika berkaca, orang tua juga bukan sosok sempurna di mata anak-anak.

            Anak-anak itu ibarat benda, katakanlah sebuah guci yang sangat indah. Sayang ada retak sedikit yang mengurangi kesempurnaan keindahannya. Jika kita fokcus memandang pada bagian yang retak, maka kita akan merasa bahwa guci itu telah cacat. Kita tidak melihat keindahan guci di sisi yang lainnya. Mungkin kita akan kesal dan kecewa lalu menyimpan di gudang, tak peduli, atau bahkan membuang guci itu.

            Cobalah kita memutar arah pandangan kita. Melihat guci itu dari sisi yang lain, sisi yang tidak retak. Melihat keseluruhan bentuk dan warna guci itu. Maka kita akan melihat betapa indahnya guci itu. Kita akan bersyukur memilikinya. Kita mungkin akan berusaha menyamarkan retaknya dengan lem, menambal, mengecat, atau sekedar memutar posisi guci itu.

            Yang paling menakutkan, jika kita menutup mata. Tak peduli. Maka yang akan kita lihat adalah kegelapan. Karena kita tak bisa menemukan apa-apa.




Gambar dari sini

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...