Saturday 27 June 2015

Tips Makan Buah-buahan agar Tidak Percuma

Sahur dengan buah-buahan? Kenapa tidak. Nggak lemes tuh? Enggak. Malah lebih seger dan nggak ngantuk siangnya.

Awalnya saya kurang percaya. Sudah satu tahun ini memang untuk menu sarapan saya berusaha konsisten hanya aneka buah-buahan. Tapi untuk sahur, saya baru mencoba di Ramadhan tahun ini. Kalau dipikir-pikir lagi, memang sahur kan sama saja makan pagi yang lebih awal.

 Dan hasilnya memang beneran nggak seperti yang banyak teman-teman bayangkan. Lapar? Ya pasti dong, namanya puasa. Justru itulah nikmatnya puasa, bisa meresapi dan menghayati rasa lapar. Dan siang hari yang biasanya saya ngantuk dan lemes, Ramadhan kali ini mata saya tetap berbinar, badan juga terasa lebih seger.  

Anggapan bahwa buah sebagai pencuci mulut yang dikonsumsi setelah makan ternyata kebiasaan yang salah kaprah. Karena buah-buahan membutuhkan proses cerna sebentar, dan akan langsung dengan mudah diserap tubuh. Makan buah setelah makan sama saja mubadzir.

Tips makan buah-buahan agar nutrisinya tidak mubazdir, tidak terbuang percuma dan dapat diserap oleh tubuh dengan sempurna ::

-          Makanlah buah-buahan saat perut kosong. Sebaiknya pagi hari, saat siklus pembuangan di pencernaan terjadi. Perut yang kosong, membuat penyerapan buah oleh tubuh maksimal.

-          Makan buah di pagi hari sangat membantu meningkatkan gula darah secara perlahan. Makan buah adalah cara restart yang tepat di pagi hari, setelah pencernaan beristirahan semalam.

-          Jangan makan buah bersamaan dengan makanan lain. Makanlah buah lebih awal, beri tengang sekitar 30 menit sebelum makan makanan lain. Jika setelah makan, tunggulah 2-4 jam setelahnya baru mengkonsumsi buah.

-          Kalau bisa makanlah  buah yang segar, fresh baru dipetik.  Kalau beli di pasar pilih buah yang seger tidak layu atau alum bahasa jawanya.

-          Sebaiknya pilih buah-buahan lokal yang sedang musim, atau buah organik agar terhindar dari pestisida.  Cucilah buah-buahan di air mengalir hingga bersih untuk melarutkan pestisida dan lapisan lilin di kulitnya.

*Kalau puasa seperti sekarang, saya mengawali  berbuaka dengan buah-buahan.

Menu sahur yang mudah dan ga pakai ribet



Buaha-buahan adalah salah satu karunia Allah yang dihamparkan di muka bumi ini. Untuk tips, resep ramuan dan info lebih banyak tentang bahan makanan lainnya bisa dibaca di buku ini #RahasiaRamuanSehatDariAl-Qur'an oleh Penerbit Adi Bintang :)
 


2 comments:

  1. Sudah beberapa hari gak makan buah, jd ngiler mbakk liat gambarnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayok mbak makan buah. Tadi saya beli pepaya sama jambu air :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...