Monday, 5 September 2016

5 Hal yang Harus Ada Saat NgeBlog

NgeBlog sepertinya saat ini sudah menjadi semacam kebutuhan dan gaya hidup. Dulu...  buku Diary masih menjadi sahabat setia,  tapi kini semua curhatan, ungkapan hati, uneg-uneg terhadap lingkungan sekitar bisa ditumpahkan lewat media Blog.


Kalau masih ada yang bingung pingin ngeBlog tapi nggak tahu apa yang harus dilakukan, dan apa saja perlengkapan yang dibutuhkan, biar postingan lancar, blog-nya nggak sampai jamuran. Nah, ini saya kasih tahu 5 hal yang harus ada biar ngeBlog lancar ala saya.

1.  Punya Blog aktif yang siap dicoret-coret, dan semangat tinggi untuk konsisten posting tulisan.  Mau ngeBlog kalau nggak punya Blog gimana caranya ya? *hehe aneh-aneh.  

2.  Perangkat selanjutnya yang harus ada adalah, PC, laptop atau gadget dan kamera biar foto-foto yang ditampilkan kece. Ya iyalah, peralatan ini wajib ada, kan media kita menulis bukan di kertas lagi. Jadi perangkat ini jelas harus ada. Beberapa ada yang  merasa lebih nyaman memakai smartphone nya untuk ngeBlog. Tapi sebagian lagi lebih mantep kalau ngeblog di depan laptop. 

Kalau saya lebih suka membuat draft postingan via laptop atau PC, dari pada via smartphone. Satu lagi,  saya selalu sedia buku catatan, untuk menulis ide yang tiba-tiba muncul, atau sekadar untuk oret-oretan sebelum ngedraft.

3. Jaringan internet yang lancar jaya. Nah ini adalah salah satu syarat  wajib yang harus dimiliki oleh setiap Blogger. Bayangkan, jika lagi asik-asiknya nge-draft atau unggah foto, internet naik turun, bakalan senewen pastinya. 

4. Asupan nutrisi untuk otak biar isi kepala selalu menyala, ide-ide segar mengalir, selanjutnya ditulis dan tayang di blog. Nutrisi itu bisa berupa bacaan  (buku),  tontonan (film, berita, dll), lingkungan sekitar, atau keindahan alam semesta. Karena itu, biar ngeblognya lancar, Blogger itu harus peka sekeliling, rajin jalan-jalan. Rumpian ibu-ibu di angkot  yang membahas harga cabe saja bisa loh jadi postingan :D 

5. Asupan nutrisi untuk tubuh.  Agar betah berlama-lama nge-Blog apalagi jika dikejar DT tulisan untuk lomba misalnya tubuh harus fit, biar nggak cepat ngantuk. Masing-masing orang punya cara berbeda. Ada yang harus ditemani secangkir kopi, segelas teh panas, stoples penuh berisi camilan, atau cukup dengan sebotol air putih. 

Nah, setelah 5 hal itu sudah siap, selamat ngeBlog ria. Biar ngeBlognya nyaman dan tentram niatkan ngeBlog untuk berbagi kebaikan dan menebar manfaat. InsyaAllah bonus berupa teman, sahabat, ilmu, atapun materi akan mengikuti sesuai amal ibadah kita masing-masing.  SELAMAT NgeBLOG :)     

19 comments:

  1. La itu yg terakhir Mbak,saya ditemani kopi kadang teh

    ReplyDelete
  2. Interneeeettt paling penting hehe. Paling males kalau lg butuh bahan eh pas lg down jaringannya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mb April, paling emosi ya kalau lagi niat ehh internet e ngambek

      Delete
  3. Saya juga lebih suka bikin oret oretan dulu sbl nge draft...

    ReplyDelete
  4. Paling nikmat memang ngeblog sambil ngemil dan ngeteh.. ^•^

    ReplyDelete
  5. Kalau saya, ngeblognya mulai dari ngedraft sampe jadi tulisan semuanya pake hp. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jariku jempol semua mbak e jadi susah kalau ngetik di HP panjang2 :D

      Delete
  6. Super sepakat di paragraf paling akhir. Niatkan ngeblog untuk berbagi kebaikan dan menebar manfaat. Hayuk mari... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir mbak, berarti kita sehati :)

      Delete
  7. yg nomer 3 itu yg paling penting emang deh :D

    Ray http://elusive-enigma.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  8. Sampai skrg aku belum sukses ngeblog dari HP. Padahal ya jempolku kecil. entah kenapa kok gak betah. typo mulu pula. Kalau mau ngeblog ya harus nyalain laptop. Ngedraft ya coret-coret di buku catatan. heuheu... Pernah ngeblog di warnet pas lagi pulang kampung, ternyata pas deadline tulisan. Mau gak mau ngedraft dadakan dan upload di warnet.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa mbak Wiwid :D mangkane aku kalau ngeblog harus duduk manis di depan lappy :)

      Delete
  9. Kalau buku biasanya aku gunakan kalau udah jenuh dan eneg banget sama ngeblog. Pelariannya pasti baca buku atau nonton film.

    ReplyDelete
  10. Ngeblog sambil dengerin musik juga asik :D

    ReplyDelete
  11. No 3 rada susah mbak. Pernah tulisanku ilang (beberapa x, sampe draftnya tinggal cuma satu kata aja) karena nggak ada net rupanya #hiks

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...