Friday 31 October 2014

Resep Ceker Lapindo

Karena masakan versi aslinya yang super duper puedess... saya sering memasak sendiri dengan versi saya yang rasanya lebih bisa ditoleransi oleh lidah. Juga lebih lega menikmatinya, karena lebih banyak :) Kalau pingin versi aslinya, datang saja ke sini ya...

Bahan :
1 kg ceker ayam pilih yang bersih, dan masih segar.

Bumbu :
Bawang putih 5 siung iris tipis
Bawang merah 10 butir iris tipis
Cabe rawit 1 ons iris serong
Cabe merah 5 buah iris serong
Jahe satu ruas cincang atau geprek
Serai  secukupnya
Daun jeruk purut kurleb 10-20 lembar'
Merica halus secukupnya
Kecap manis secukupnya
Gula dan garam secukupnya
Minyak untuk menumis


Mula-mula cuci bersih ceker ayam. Kemudian (kalau saya: ditutuki pakai ulegan biar cepat empuk dan tulangnya mudah lepas saat dimakan nanti) untuk menghilangkan amis dan biar  empuk, rebus dalam air mendidih kurleb 30 menit atau kalau pingin cepat rebus di panci presto.Angkat, buang airnya tiriskan. Rebus kembali air hingga mendidih, masukkan ceker.

Panaskan minyak, tumis bawang, brambang, jahe, serai, sebagian cabe rawit sampai harum.Masukkan tumisan bumbu ke dalam panci berisi ceker. Tambahkan gula, garam , merica, kecap, sebagian daun jeruk purut. masak hinggga bumbu meresap, tapi masih berkuah. 
Terakhir masukkan sisa irisan cabe rawit, cabe merah, dan rajangan daun jeruk purut.  Angkat, sajikan. CEKER LAPINDO siap dinikmati. Tapi jangan lupa sedia tissu yaa... biar nggak belepotan. Soalnya lebih nikmat pakai tangan makannya :)

NB :
Kalau lagi nggak males nguleg atau cuci blender, saya haluskan sebagian cabe rawit, cabe merah, bawang dan brambang biar rasa pedasnya lebih mantep.Lalu tumis seperti cara di atas. 

Karena di rumah yang suka ceker cuma saya, jadi biar penghuni lain nggak pada demo  biasanya saya masukkan juga bagian tubuh ayam lainnya :))


9 comments:

  1. Enak nih mbak. saya suka yang pedes pake banget, jadi harus ngikutin resep aslinya. TFS ya
    Btw, kok namanya LAPINDO? Asli tanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga suka pedes mbak, Kalau pingin aslinya langsung beli di warungnya, kalau bikin sendiri biar orang rumah bisa ikut makan hihi. kalau pingin lebih pedas tinggal tambahin cabenya mbak :)
      Gegara bencana lumpur lapindo di sidoarjo mbak, yang mengispirasi nama masakannya :) makasih sudah mampir :)

      Delete
  2. bisa ga di ganti sayap ayam ? dirumah saya ga doyan ceker katanya ga ada dagingnya ..haha

    ReplyDelete
  3. dulu aku tuh ga suka bgt liat ceker.. tapi sjk nikah, dan trnyata suami pecinta ceker banget, jd trgoda pgn icipin :D.. dan sukaaa ^o^.. blm prnh bikin sendiri sih mbak.. slama ini kita nyobain ceker kalo lg di restoran dimsum ato kalo ke rumah mertua :D

    ReplyDelete
  4. Bikin daaann... kepedasaaan ... hiks

    ReplyDelete
  5. mkasieh resepnya....dr pd jauh2 kesidoarjo,mending tak masak sendiri biar g pedes2 bingit jg

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...