Wednesday 18 November 2015

Memoles dan Melejitkan Potensi Diri di Fun Blogging 7 #GoForIt

NgeBlog? Ahh... itu sih pekerjaan orang pengangguran buat curhat GeJe saja. Begitu kira-kira pandangan orang-orang di sekitar saya.  

Mulai awal saya ngeBlog hingga beberapa tahun ini motivasi saya juga hanya sekedar 'Keep Writing anda Sharing'. Saya benar-benar menutup mata tentang dunia perBlogeran. Karena saya fokus hanya belajar menulis dengan baik dan benar, meluapkan semua imajinasi dan emosi dalam tulisan-tulisan yang ditujukan untuk media dan buku. Blog bagi saya hanya sebagai pengganti Buku Harian usang saja. 

Sekitar satu tahun terakhir ini, mata saya baru terbuka. Ternyata dunia perBLOG-an begitu luas, sarat tantangan, juga menyenangkan. Saat saya melihat banner Fun Blogging 7 di beranda FB Wow! Saya langsung jingkak-jingkrak. Jarang-jarang banget bahkan belum pernah ada event belajar off line yang mendatangkat para ahli di bidangnya di adakan di Surabaya. 

Yang saya lakukan pertama kali adalah minta izin Pak Suami, karena acara kan dari pagi sampai sore. Waktu suami bilang OK, tak membuang waktu, saya langsung kirim email mendaftar.  Waktu saya kirimkan balasan email dari fun blogging 7 ke suami, beberapa menit kemudian ada balasan. Ternyata isinya bukti transfer ke rek yang ditunjuk kru FunBloging7. Wahh... jadi terharu, "Terimakasih Ayah... muach."  Jadi tambah semangat dan tak sabar nih untuk belajar dan bertemu Tiga Dara founder Fun Blogging.




7 November 2015,  Wisma Intiland Jl. Panglima Sudirman, Kantor QWords. Fun Blogging I am Coming ^-^

Sabtu pagi, sehabis mengantar sekolah saya berdua Mbak Tatit menembus jalan raya Sidoarjo - Surabaya. Jalanan Surabaya  masih cukup lenggang. Terus terang, bawaan sejak kecil sampai setua ini kok tetep yaa... selalu tidak bisa tidur dan harap-harap cemas jika mau mendatangi moment yang saya anggap penting :D 

Senangnya bisa bertemu teman-teman yang biasanya hanya bertegur sapa lewat cap jempol dan saling komen di dunia virtual. Bagi saya, dunia maya itu nyata, karenanya saya berusaha sebisa mungkin tidak terseret arus menebar kebencian atau memasang tulisan yang menyulut pro kontra hehe... hidup di dunia nyata sudah riuh Cyn... dunia maya saya buat untuk having fun dan berbagi kebaikan saja lah.  Ya salah satunya dengan ngeBlog. Tambah ilmu, tambah teman juga.

Waahh... saya benar-benar takjub dengan semangat teman-teman yang hadir. Lihat coba! Kebanyakan para emak, yang rela menempuh perjalanan jauh untuk menghadiri acara ini. Ada Mbak Lianny Hendrawati dari Jember, Mbak Widyanti Wulandari dari Bondowoso, bahkan Mbak Nurul Noe rela datang jauh-jauh dari Jakarta sepaket dengan krucilnya. Mbak Sukimah dan Widya rela ngebis ria pagi-pagi dari Malang. Oh ya, ada Pak Dhe Cholik dari Jombang yang bikin sepanjang acara jadi semakin hangat dengan canda, celetukan, dan informasi seputar pengalaman beliau ngeBlog.

Sebagai tuan rumah dan sponsor acara, perwakilan dari Qwords, Frenavit Putra tampil pertama menyapa kita semua. Hemm... sudah sering dengar dan tahu nama Mas Frenavit yang ngetop itu, tapi baru kemarin tahu orangnya.  Selanjutnya kita semua seperti tersihir oleh penampilan Tiga Dara kece, yang smart, humble dan nggak pelit berbagi ilmu.

Mas Frenafit in Action

Writing Great Content - Haya Aliya Zaki



mbak Haya yang cantik dan nggak pelit bagi-bagi ilmu

Haya Alia Zaki, saya mengenal ibu satu ini di belantara maya sudah lama. Dan saya termasuk pengagum sekaligus yang suka mencuri ilmu diam-diam tentang tips dan kiat menulis dari Blog-nya. Terbersit bangga juga, beberapa tulisan saya mejeng sebuku dengan penulis sekaliber mbak Haya di beberapa buku keroyokan, uhuy sekali rasanya.  Terimaksih Mbak Haya, senang sekali akhirnya bisa bertemu denganmu :)

Sesuai dengan pengalamannya sebagai seorang penulis dan editor, Mbak Haya berbagi ilmu tentang content  yang baik. Karena sesunguhnya "Napas Blog kita adalah content". Untuk mengikat pembaca agar betah berlama lama dan ingin kembali mengunjungi blog kita, maka manjakanlah pembaca dengan content. Tulislah dengan jujur dan apa adanya sesuai dengan minat dan pengalaman kita sehari-hari.

Meskipun Blog ibarat rumah kita sendiri, yang suka-suka 'Gue' tapi tetap harus diingat prinsip-prinsip dasar menulis. Prinsip 5W + 1H adalah harus. Penggunaan kalimat aktif dan efektif, cermati EYD dan tanda baca. Jadilah editor untuk tulisan kita, sebaiknya lakukan self editing sebelum kita memutuskan untuk mempublish. Karena pembaca pasti akan lari dan tak akan kembali lagi membaca Blog kita, jika belum-belum sudah pusing membaca tulisan yang sambung menyambung tanpa tanda baca, typo di sana-sini, dan membosankan.

"Tulislah dengan jujur apa adanya, lakukan dan berikan yang terbaik"


Oh ya, satu lagi yang penting. Setelah kita selesai menulis, bagikanlah tulisan kita. Optimalkan media sosial yang kita punya. Sayang kan, kalau sudah menulis dengan segenap perasaan. dengan konten yang bagus, tapi tingkat keterbacaannya rendah. 

Content is King  Promotion is Quen (Bob Mayer)


Plak! Tertampar keras rasanya. Soalnya ini saya banget. Seringkali sehabis update blog, saya tinggal begitu saja, tanpa saya peduli mengabarkannya pada dunia. Bagaimana orang akan tahu kalau saya telah menulis sesuatu, yang  bermanfaat dan menginspirasi. Ya kan?  


Advancing Your Blog Platform - Shientaries



Suka lihat  mbak Shinta yang imut, manis,  nyante tapi kece badai tentang ilmu coding  

Kali ini semua peserta dibuat melongo sambil gedeg-gedeg haha... *cuma saya kali yaa... yang pusing palabarbie. Bagaimana enggak pusing coba, mbak Shintaries yang cantik ini berbicara panjang lebar tentang pentingnya Gogle Analytic, DA, Klout Score, keyword dan tetek bengeknya. Tapi, untuk menjadi Blogger profesional memang kudu dan wajib mempelajari ini. Meskipun puyeng, saya berjanji pelan-pelan akan belajar. Masak ngeBlog dari tahun-ke tahun begini-begini aja, rugi kan ya. Meski pusing tetap semangat!

Mbak Shinta juga banyak menyindir masa lalu saya, yang sempat alay dalam ngeBlog haha ampuunn... Jadi,  Platform Blog yang nyaman bagi pembaca adalah dengan latar putih bersih, dengan tulisan hitam. Hindari memakai ornamen yang terlalu ramai, pop up yang bisa jalan, latar dengan daun atau salju yang berguguran. *hwaa... saya pernah. Juga jangan membuat kaget pengunjung dan pembaca dengan musik yang tiba-tiba jeder saat membuka Blog. Hapus deh semua-muanya. Itu semua angap saja masa lalu yang kelam :D

How To Monetize Your Blog Through Branding - Ani Berta



Mbak Ani Berta yang sudah keliling Indonesia, dan beberapa negara berkat ngeBlog

Hari sudah semakin sore. Tapi para peserta tetap semangat 45. Apalagi sudah makan siang dengan paket HokBen yang menggoda selera. Alhamdulillah.... Juga sudah mendengar sekilas tentang Mobil 123 yang diwakili Mas Rangga. Jadi tahu deh ada web yang memudahkan bagi siapapun yang mau jual beli mobil nggak pake repot.

Sekarang tiba giliran Mbak Ani Berta. Semua mata langsung melek dan melotot. Coba tebak, apa yang paling bikin semua orang terutama ibu-ibu matanya jadi ijo? Yup! Cring-cring hepeng kalau istilah mbak Haya.

BLOG untuk menghasilkan uang? Bisa banget.

Mbak Ani dengan ringan dan gamblang membagikan tips mendulang rupiah dari Blog. Banyak peluang yang bisa kita dapatkan, misal menerima job review, banner affiliation, adsens dan banyak lagi. Tapi mbak Ani mengingatkan, meskipun Blog kita monotize, tetap imbangi dengan tulisan biasa, tentang pengalaman sehari-hari kita. Idealnya 70:30, antara tulisan sehari-hari dengan job review.  Pembaca juga akan enek loh, kalau membaca blog yang isinya jualan melulu.

Tapi ingat! Sebelum kita mengoptimasi Blog untuk meraup rupiah, kita harus menerapkan ilmu dari mbak Haya dan mbak Shinta. Bikin content  dan platform Blog yang ok dulu. *Siap!

Saya sangat terinspirasi oleh Mbak Ani Berta. Semoga saya bisa mengikuti jejak beliau. Mandiri secara financial dari hobi menulis dan ngeBlog. Yang paling saya ingat dan catat dari Mbak Ani, "Lakukanlah sesuatu dengan tulus, dengan niat ikhlas berbagi. InshaAllah rezeki akan mengikuti dari jalan yang tidak disangka-sangka."


Ekpresi terpana para peserta :D

Trio Dara yang smart dan tetap membumi

Tak terasa, seharian sudah kami duduk lesehan bercengkerama menimba ilmu. Tiba saatnya pulang, dengan membawa segudang semangat,sekarung penuh ilmu juga silaturahim yang semakin luas. Semoga lain waktu kita bisa berjumpa kembali yaa... selanjutnya kita kembali akan saling menyapa di layar virtual :)

Sempat befoto ria sebelum pulang. Mukaku sudah lecek tapi bahagia :D 

Sampai jumpa lagi teman-teman.  Senang betemu dan mengenal kalian :)

Terimakasih untuk Qwords.com untuk tempat dan cendera matanya, Mobil 123, dan Smartfren. Special thanks untuk Smartfren, handphone merangkap modem yang pertama kali saya punya, yang membuat saya bisa berselancar di dunia maya juga bisa ngeBlog. Sayang HP itu sudah almarhum hiks. Sekarang saya lagi mupeng dengan handphone Smartfren Andromax berteknologi 4G LTE Advanced, untuk mendukung aktifitas ngeBlog.

Bukan hanya anak-anak saja yang harus dipoles dan dilejitkan potensinya, ternyata blogger juga harus. Sebagai blogger, selain memoles skill dan potensi diri, mengupgrade gadget untuk mendukung aktifitas ngeBlog juga perlu dan penting!

Terimakasih team Fun Blogging7. Upgrade diri dan gadget, biar saya nggak ketinggalan sama anak-anak muda yang kreatif dan kekinian. #GoForIt

9 comments:

  1. Mantap reportasenya, Mbak Vanda
    Sukses terus ngeBLOGnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.... semoga bisa ketularan semangat dan istiqomahnya kayak mbak Amma yang cetar ngBlognya :)

      Delete
  2. harus dong upgrade diri ya mbak...biar semakin maju...amiien....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi iya dong... masa kalah sama Bumil cantik

      Delete
  3. Mantap! Moga beruntung ya, mbak. Sayang ya waktu itu kita nggak foto foto hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.... Iya, waktunya mepet, sudah sore. Aku ya keburu kok Wid, cepat-cepat pulang. Smoga lain waktu bisa ketemu lagi dengan waktu yang lebih longgar ya, biar bisa rumpi-rumpi cantiek :)

      Delete
  4. curhat GeJe hihihihihi, duluuuuu awal ngeblog gini nih aku mbak :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...