Monday 17 December 2012

ES / WEDANG TOMAT JERUK NIPIS





Selain bawang, brambang dan cabe, saya tak pernah melupakan tomat dan jeruk nipis yang harus selalu tersedia di dalam kulkas. Tomat sayur biasanya untuk bikin sambel tomat atau campuran masakan, Kalau tomat buah yang berukuran lebih besar, dengan warna merah ranum yang segar, sangat cocok buat camilan. Biasanya cuma dibelah-belah trus dicocol gula pasr, langsung hup. Hmm ... seger. Atau buat masker saya belah dan usapkan ke wajah. Diamkan 15 menit kemudian basuh dengan air hangat, lalu air dingin. Wajah terasa lebih segar, bersih, dan bebas jerawat.


Setelah saya browsing, ternyata kebiasaan saya memakai masker tomat yang dulunya hanya mengikuti kebiasaan Mama ada alasannya. Tinginya kandungan likopen pada buah tomat ternyata yang menjadi rahasianya. Selain memberikan warna merah pada buah tomat, likopen terbukti efektif sebagai zat antioksidan. Zat tomatin di dalam tomat bersifat antiflamasi, yaitu dapat menyembuhkan luka dan jerawat.
gambar dari sini

















Nah, Kalau jeruk nipis, saya selalu sedia untuk melumuri ikan atau ayam sebelum dimasak, biar bau amis ikan berkurang. Buat campuran kuah acar, atau asam manis, ditambahkan ke sambal kecap juga mak nyus. Juga, sebagai obat mujarab jika anggota keluarga ada yang batuk. Perasan air jeruk nipis, dicampur kecap dan sedikit garam sangat manjur buat saya dan anak-anak. Saya memang tidak membiasakan minum obat kimia untuk gangguan kesehatan kecil seperti batuk pilek. Cukup minum ramuan yang ada di dapur. Alhamdulillah cukup manjur.
gambar dari sini
  Loh... kok jadi ngelantur wong mau cerita bikin wedang tomat jeruk * maaf :) Ternyata tomat dan jeruk nipis merupakan perpaduan yang sangat sedap untuk dijadikan minuman. Baik disajikan hangat atau dingin. 

Cukup sediakan 2 buah tomat buah yang merah, kupas kulitnya (sesuka selera, boleh dikupas boleh langsung dipotong-potong kecil. Karena anak-anak lebih suka kalau dikupas kulitnya, jadi saya sedikit mengupas kulit bagian atasnya saja, tidak perlu semua) potong-potong kecil, taruh di gelas. Tuangkan sedikit air hangat, dan gula pasir sesuka selera. Aduk-aduk (kocok) pakai sendok agak keras biar tomat agak hancur dan gula larut. Tambahkan satu/dua sendok makan air perasan jeruk nipis atau sesuka selera. Jika ingin wedang tomat yang hangat, tambahkan air panas, jika cuaca panas dan pingin mimuman yang segar, cukup tambahkan es batu dan air dingin secukupnya.

Karena tomat juga mempunyai sifat antipiretik a.k.a penurun demam, dan jeruk nipis juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, maka wedang tomat+jeruk sangat cocok diminum saat badan meriang flu atau batuk.

Slruupp....  Tom & Jerry siap disantap :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...