Cari Blog Ini

Memuat...

Kamis, 30 Agustus 2012

KUE LUMPUR LABU KUNING

Hari terakhir puasa Ramadhan, sasaran beres-beres terakhir adalah bebenah dapur dan segala isinya. Jangan sampai menyimpan sisa makanan yang akan mengundang semut dan tikus hiii.... bisa-bisa ditinggal mudik, rumah dibuat tempat pesta oleh mereka. Tak lupa juga menengok isi kulkas. Merapikan isi kulkas sekaligus mengintip isinya, yang masih bisa dimanfaatkan harus segera dihabiskan atau dimasak biar tidak mubazir. Yang sekiranya tidak layak disimpan atau dimakan, lebih baik dibuang saja dari pada bikin masalah di perut, ya toh? :)

Nah dari beberes itu, ternyata ada labu kuning yang tidak sempat dibuat kolak, sayang kan, kalau mubazir. Akhirnya dapat ide untuk bikin kue lumpur, yang biasanya pakai kentang diganti labu aja. Kebetulan juga di kulkas masih tersisa telur, di freezer ada santan beku (meskipun kalau bikin kue tetep lebih mantap pakai santan fresh yang baru diperas, tapi ini kan judulnya memanfaatkan sisa bahan-bahan di dapur :)) tepung terigu juga masih ada, kismis, keju, coklat chip juga ada tersisa sedikit di wadah-wadah kecil. Yup ... alhamdulillah ... sebelum liburan, bisa beberes sekaligus memanfaatkan sisa-sisa makanan ^_^

Resep di bawah ini aslinya adalah resep kue lumpur kentang favorit anak-anak, hanya kentangnya diganti labu kuning , Yukk mulai :)

pakai cetakan bola-bola (poferces) mungil  sekali hap :)

Bahan :

250 gram tepung terigu

250 gram gula pasir

garam ½ sdt

vanili ½ sdt

santan 500 ml (rebus dinginkan)

labu kuning 500 gram (kupas, kukus, haluskan)

100 gram margarin (cairkan)

2 kuning telur

1 putih telur

(kalau repot, bolehlah langsung 2 butir telur)


Untuk taburan :

Suka-suka : kismis, keju, coklat messes, kelapa muda.

Polosan tanpa taburan juga ok


Cara Membuat :

    1. Kocok gula+ telur hingga putih dan mengembang

    2. tambahkan vanili dan garam

    3. Masukkan santan, kocok dengan kecepatan rendah, masukkan labu kuning aduk rata. Kemudian masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Terakhir masukkan margarin cair.

    Kalau pingin hasil yang halus, nggak mbrinjil adonannya, sebaiknya disaring dulu.


Siapkan cetakan kue lumpur, atau cetakan kue bola-bola. Panaskan, semir dg sedikit margarin untuk pertamakali aja. Tuang deh di cetakan (1/3 cetakan aja, jangan penuh-penuh) saat setengah matang, beri taburan sesuka selera. Hemm ... kue lumpur labu kuning yang legit siap dinikmati :)


*catt : Santan bisa juga diganti susu cair, atau separuh santan separuhnya lagi susu.


nggak sempat foto cetakan di dapur jadi diambil dari sini :)

4 komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...