Tuesday, 14 August 2012

Es Timun Kombinasi Suka-Suka ^_^

Awalnya saat mendengar nama Es Timun dari Mbak Tatit Ujiani, saya agak heran. Hah? Timun kok dibikin es, apa enaknya? Saat itu kami sedang berembug menu untuk pembagian takjil gratis salah satu agenda FLP Sidoarjo di bulan Ramadhan ini.  Akhirnya pada hari H, tanggal 5 Agustus 2012  alhamdulillah... acara pembagian takjil dengan menu es timun, kurma, dan kue di perempatan alun-alun Sidoarjo berjalan lancar meski masih kurang sempurna. Es timun menjadi primadona saat itu, karena dahaga menahan haus seharian, guyuran segarnya es timun menyempurnakan menu berbuka puasa kita . Alhamdulillahh ...

Akhirnya, karena penasaran kurang banyak kemarin merasakn es timun , besoknya saya langsung beli timun dan bertekat mencoba membuatnya sendiri. Wahh ... ternyata mudah, murah dan meriah serta rasanya bener-bener seger dan sangat pas untuk menu berbuka puasa.

Kalau mau mencoba juga, yuk sama-sama :)

Bahan:

2 buah timun ukuran besar/sedang tapi jangan yang tua nanti bijinya banyak.
Air putih matang secukupnya
Sirup gula secukupnya
Sirup melon secukupnya sesuka selera
Es batu secukupnya
(bahan original es bikinan Bu Tatit)

Kemarin saya bikin variasi dengan menambahkan
Perasan air jeruk lemon 2-3 sdm atau sesuka selera. Kalau tidak ada jeruk lemon, pakai jeruk nipis juga boleh.
Dawet dari biji selasih
Nata de coco


 Cara Bikinnya :

Cuci bersih timun, belah melintang menjadi 2. Boleh dibuang bijinya boleh tidak.  Kalau saya suka bijinya diikutkan. Timun boleh di kerok pakai kerokan blewah, atau diparut pakai parutan keju, atau bisa juga di blender. Kalau saya lebih suka di kerok atau diparut.

Setelah itu campur timun dengan air matang, sirup gula, sirup melon, air jeruk nipis, tambahkan biji selasih dan nata de coco. Tambahkan es batu secukupnya.  Es timun siap dinikmati.

Cara penyajian bisa juga dengan menatan parutan timun di gelas, atasnya dikasih biji selasih dan nata decoco, tuangkan air matang, sirup gula, sirup melon dan es batu.  Suka-suka selera kita saja

Selamat mencoba dan menikmati :)


gambar diambil dari sini



Catatan : Es timun ini adalah minuman khas dari Aceh

1 comment:

  1. terimaksih mbak tatit kagem resepipun.mangke kulo cobi

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...