Friday 6 July 2012

Akhirnya... Penantian itu Berujung


Sidoarjo, 18 Juni 2012

Hari ini adalah puncak dari semua perasaan yang terpendam hampir setahun (duuh... mulai lebay deh, tapi memang beneerr :D)

Setelah sebulan yang lalu, mulai tanggal 7 – 9 Mei 2012 tak kalah juga rasa yang mengaduk-aduk emosi dan fisik. Dari deg-degan,panas dingin, hingga rasa mual dan mulas tak berujung.
Hari ini, kami orang tua murid kelas 6, mendapat undangan ke sekolah. Tak seperti biasanya, dimana undangan hanya dihadiri oleh beberapa gelintir orang tua saja, undangan kali ini dihadiri hampir semua wali murid. Rupanya semua orang tua harap-harap cemas ingin mengetahui bagaimana hasil UNAS anak-anak mereka. Meskipun sebenarnya tanggal 16 Juni lalu kertas pengumuman kelulusan sudah ditempel, tapi hanya menyatakan LULUS, tanpa embel-embel nilai.

Tetap saja seperti biasa, yang tegang tuuhh... para emak-nya. Anak-anak sih justru duduk santai lesehan sambil bercanda-canda. Mungkin mereka sudah lelah, capai, jenuh dengan proses selama satu tahun di kelas 6, dan setelah UNAS selesai kemarin, mereka sudah menghitung prediksi nilai yang akan mereka peroleh. Paling tidak mereka sudah mengira-ngira nilai unas yang sebenarnya, meskipun meleset, mungkin tidak jauh-jauh banget dari prediksi.

Nah, kembali lagi ke para ortu nih. Mereka, termasuk aku tentunya rasanya sudah tak sabar menunggu. Saat para ustad-ustadzah tim sukses kelas 6 bergiliran memberikan sambutannya, rasanya pingin cepat-cepat saja, diakhiri. “Ayo dong Ustad! Diumumkan langsung aja, sudah semakin deg-degan nihhh ...” kasak-kusuk suara di sekitarku nih, hehe. 

Hampir semua ustad ustadzah mengatakan, bahwa anak-anak telah berjuang dengan segenap ikhtiar dan doa. Semua ustad ustadzah juga orangtua tak lepas juga dari kerja keras, doa yang tak pernah putus serta motivasi tak henti dalam mendampingi anak-anak, sholih sholihah. Dan apapun hasilnya, ini adalah hasil yang sangat membanggakan, Nilai UNAS yang diperoleh dengan menjunjung tinggi kejujuran 100%. 

Alhamdulillah... saat diumumkan hasil nilai UNAS masing-masing anak, hampir semua bersyukur dan bertakbir. Meskipun mungkin ada beberapa anak yang kecewa karena nilainya meleset dari prediksi, tapi kebahagian dan kebanggaan tetap terpancar dari wajah kita semua. Bahkan beberapa meneteskan airmata haru. Termasuk aku. Alhamdulillah, meskipun bukan menjadi yang terbaik, Deva putriku bisa menunjukkan bahwa setiap usaha keras dan sungguh-sungguh yang disertai dengan doa tak putus akan mengahsilkan sesuatu yang terbaik (Hasil UNAS Deva 27,90 adalah anugerah yang patut disyukuri). Hasil yang dicapai ini adalah hasil terbaik menurut Alloh, setelah semua usaha dan doa telah diupayakan. 

Kami semua, para orang tua sangat terharu dan bangga pada anak-anak. Bangga dengan proses yang mereka lakukan terus menerus hampir setahun belakangan ini. Sejak mereka menapakkan kaki mereka di kelas 6. Datang ke sekolah lebih pagi, malam hari masih ada tambahan pelajaran di rumah ustadzah (sesuai dengan kelompok masing-masing), try out demi try out yang tak henti silih berganti mereka ikuti sebagai ajang uji coba sebelum menempuh medan ujian yang sebenarnya, puasa sunah Senin-Kamis, saling membangunkan lewat sms untuk mengingatkan sholat tahajjud, dan segenap rangkaian perjuangan yang telah mereka untai bersama dalam suka dan duka demi hasil akhir yang cermerlah dan membanggakan.

Akhirnya, segenap syukur harus dipersembahkan pada Alloh, dzat penguasa alam semesta yang telah meneteskan ilmu dan kebeningan hati pada anak-anak. Sehingga mereka bisa sampai pada hari ini.
Alhamdulillah.... akhirnya berujung juga. Segenap ikhtiar dan doa telah dikerahkan, kejujuran 100% menjadi panglimanya. Bangga pada anak-anak semua. 

Ucapan terimakasih tak terhingga juga dihaturkan untuk semua ustad ustadzah SDIT Nurul Fikri. Yang dengan segenap keikhlasan, kasih sayang, kesabaran dan doa yang terus menerus, dibungkus dengan air mata ketulusan. Terimakasih untuk kerja keras juga motivasi yang tiada henti.
Selamat untuk semua Sholih & Sholihah SDIT Nurul Fikri. Ini bukanlah akhir sebuah perjuangan, tapi ini adalah awal langkah kalian menggapai masa depan yang cermelang. Bersama Allah kalian pasti BISA!

*Catatan kecil saat pengumuman hasil UNAS 2012 SDIT Nurul Fikri Sidoarjo



Klik catatan kecil lainnya :
- Illumination of 6th Grade 
- Catatan Kecil Saat Unas

2 comments:

  1. selamat ya mbak utk putrinya.. semoga di terima di SMP pilihannya ya :)

    ReplyDelete
  2. Makasih mb :) ternyata memilih sekolah lanjutan jg ga mudah ya mba hehe . Anakku pilih SMPIT yg boarding, smoga jd pilihan yg terbaik :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...