Wednesday 13 June 2012

Mengapa Dada-ku Rata


Malam itu di tengah-tengah belajar tiba-tiba terjadi obrolan yang sangat menarik diantara kami.Aku dan Deva
 
“Bu, mbak Bella temanku sudah mens, aku kok belum?” tanya kakak.

“Ohh... berarti mbak Bella sudah remaja, sudah bukan anak-anak lagi. Kakak nanti juga akan mengalaminya, dan masing-masing orang berbeda. Dulu Ibu juga pertama kali menstruasi umur 15 tahun.” kataku menjelaskan.

Rupanya beberapa teman gadis kecilku sudah mulai memasuki masa puber. Beberapa temannya bahkan memasuki masa baligh saat usia 10 tahun, dan sampai usia 12 tahun kakak belum menunjukkan tanda-tanda itu.
Sebenarnya, aku ikut harap cemas juga menanti saat putri sulungku memasuki batas pintu dari gadis kecil menjadi gadis remaja tanggung yang memasuki akil baligh. Mengingatkanku untuk ekstra menjaganya seperti menjaga gelas kristal antik, menarik dan mengulurnya seperti memainkan layang-layang agar dia tetap bisa menikmati dunia remajanya yang indah tapi tetap dalam rel yang benar. 

Hmm … aku harus bersiap mengawalnya. Bukan sebagai pengawal yang ikut kemanapun dia pergi, lebih tepatnya menjadi pengawal langkahnya, menjadi teman curhat yang asik, agar tak kecolongan cerita-ceritanya. Bukankah, remaja seusia dia sedang senang-senangnya berteman, asik berbagi dengan komunitas grupnya?

“Bu, dadaku kok masih rata, belum tumbuh, tapi beberapa hari ini dadaku terasa sakit deh.” Gadis tanggungku kembali menumpahkan unek-uneknya.

“Ohh … itu tanda dada kakak sudah mulai tumbuh.” jawabku menenangkan.

“Tapi kok keras dan sakit Bu?”

“Iya, sakit karena kelenjarnya sedang berkembang. Tenang aja, Ibu dulu juga begitu.” 
 
“Hehe … aku geli Bu, nanti harus pakai b** enak enggak sih?

“Awal-awalnya ya nggak nyaman, karena belum terbiasa. Nanti kalau sudah biasa ya nyaman-nyaman saja tuh.... “ 

Oalah … ternyata dia memikirkan itu juga, hatiku ikut geli mendengar pertanyaannya. Rupanya gadis kecilku sudah mulai beranjak remaja :)

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...