Tuesday 21 March 2017

Resep Singkong Keju alias Singkong Merekah



Singkong adalah salah satu makanan sejuta umat di Indonesia tercinta. Kalau di Tegal menyebutnya Bodin,  di Jawa Timur dikenal dengan nama Pohung. Tapi ada juga teman dari Tuban menyebutnya menyok *asli ngikik waktu pertama dengar kata menyok ini.

Singkong ini sudah menjadi makanan favorit sejak dahulu kala. Selain dikukus, lalu dimakan sambil menggigit gula aren olahan singkong lain yang paling favorit yaitu gejos alias jemblem dan combro.

Salah satu olahan singkong yang kekinian adalah Singkong Keju. Aslinya bukan singkong rasa keju sih, tapi karena singkongnya mekrok alias merekah dan lembut gurih rasanya jadi disebut singkong keju.


Singkong Keju salah satu olahan favorit bocah  dan bapaknya. Kalau anak-anak suka dimakan dengan parutan keju, bapaknya lebih suka dicocol sambel bajak atau saus sambel. Bahkan singkong keju made in Dapur Cinta, seringkali direquest sama teman-teman di kantor (duluuu... pas belum males) 

Ya wes lah langsung tak tulis aja di sini biar kalau ada yang tanya resepnya langsung tak kasih link ke sini aja. 

Bahan  dan Cara membuat Singkong Keju :

1 kg singkong pilih yang masih baru dan nggak ngayu. (kupas, cuci bersih, potong-potong melintang 


- 5 siung bawang putih
- 1 sdm ketumbar bubuk (optional jika suka)
- Garam secukupnya  
- Minyak goreng secukupnya
- 1 sdm Margarin atau Mentega dicampurkan ke dalam minyak untuk menggoreng.


Haluskan bawang putih, ketumbar, garam. Lalu campur dalam air  es (air harus dingin pakai banget). Optional, boleh tambahkan 1 sdt backing powder agar singkong cepat merekah saat direndam dan saat digoreng (merekah empuk di dalam, tapi di luar tetap garing)

Kukus singkong, jangan sampai terlalu matang, kira-kira 20 menitan tergantung jenis dan baru atau enggak singkongnya (jangan sampai merekah saat dikukus, nanti lembek dan hancur saat direndam bumbu dan digoreng.

Setelah setengah matang,  panas-panas langsung masukkan ke dalam air es berbumbu. Diamkan kurleb 1 jam. Biasanya saya masukkan ke dalam freezer. Setelah itu tiriskan. Goreng dalam minyak panas hingga kuning kecokelatan.

Singkong keju siap di santap langsung, atau boleh juga diberi topping parutan keju atau taburan bubuk keju. Nikmat juga dicocol sambel.


1 comment:

  1. saya suka banget singkong keju ini. empuuk... :) trims buat resepnya ya mba

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...